Kemendikbud Lakukan Pendataan Guru Honorer 2019

GTK- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan bahwa keberadaan guru honorer masih sangat dibutuhkan sebagai guru pengganti. Sebab, jumlah guru di Indonesia masih belum merata.


Mendikbud mengatakan keberadaan guru honorer ini untuk menggantikan guru yang sudah mamasuki usia pensiun, penambahan sekolah baru, penambahan ruang kelas baru, atau sebagai pengganti guru yang meninggal dunia maupun yang mengundurkan diri.

Download Nama Guru Honorer yg terdaftar di seluruh Indonesia klik disini

"Namun karena ada moratorium maka berakibat pada penumpukan. Oleh karena itu, kami ingin menyelesaikan masalah guru honorer agar kami bisa mengangkat guru dengan jalur reguler,” ujar Mendikbud kepada kepada awak media seusai pertemuan bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (23/1).

Mendikbud mengatakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, maka pihaknya akan merekrut guru-guru honorer. Kemudian mereka akan dilatih agar kemampuannya  semakin meningkat.

“Kemarin kami sudah bicara ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), kalau bisa honornya diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU). Jangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) karena pasti nanti sulit", ujar Muhadjir Effendy.

Lebih lanjut Mendikbud mengatakan berdasarkan sensus yang sudah dilakukan oleh Kemendikbud  menunjukkan dari 736 ribu guru honorer, ternyata 30 ribu guru honorer diantaranya sudah tidak ada di sekolah. Maka itu pihaknya akan melakukan pembersihan data  dengan menghapus yang sudah tidak lagi menjadi guru honorer. Cek Guru Honorer yang masih terdaftar KLIK DISINI

Pada kesempatan yang sama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyambut positif dan mendukung langkah-langkah yang ditempuh Mendikbud dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

“Saya setuju dan mendukung agar ada semacam kemampuan influence dari pusat untuk bisa mempengaruhi atau bahkan memaksa daerah untuk bisa meningkatkan kualitas dan compliance (pemenuhan) mereka terhadap standar-standar yang kita inginkan” ujar Sri Mulyani.


4 Responses to "Kemendikbud Lakukan Pendataan Guru Honorer 2019"

  1. setuju.data dr thn brapa honorer itu mulai kerja dn sampai skrang masih ngehonor. liat dapodiknya.survei lapangan lngsung dong. jgn cuma kata2 kita butuh jwaban pasti. nggak usah pakai tes kalau boleh soalnya kita udah lwat umur. dn kalau boleh honor/upah/gaji yg sewajarnya buat kita

    BalasHapus
  2. Data2 terus tapi dampakx blum terasa skrg kan sd ada data dr laporan dana bos.di tamba lagi data dr dapodik.
    Gunax teknologi kan memprmuda urusan data ko'skrg mala ribet ada pnambahan guru honor scra siluman lah pmbengkakan jumla guru honorlah...
    Yah 1 kata smoga mntri muda yg bru bisa mmberi trobosan bru khusux ksejhtraan guru honorer

    BalasHapus
  3. Katanya tdk ada dana untuk pengangkatan p3K.lalu dana apa lagi untuk membayar CPNS yg akan di angkat.
    Lalu apa perbedaan PNS dan honorer.
    Sedangkan Masi banyak honorer yg sudah mengabdikan diri.
    Entah apa yg merasuki ....

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel